Instrumentasi Tambang

Pemantauan memainkan peran penting dalam setiap tahap eksplorasi dan operasi tambang. Ini digunakan untuk secara akurat
menilai kondisi geologis dan mengukur parameter tertentu dari waktu ke waktu serta memantau laju mereka
perubahan.

  1. Pada tahap desain penggunaan peralatan pengujian (laboratorium atau In-Situ) dapat menentukan karakteristik geoteknis dari tubuh bijih dan massa batuan di sekitarnya.
  2. Pemantauan digunakan untuk secara akurat mengevaluasi kondisi geologis saat penggalian berlangsung. Hipotesis desain dapat dikonfirmasikan, kebutuhan struktur pendukung ditentukan dan momen optimal untuk pemasangan instrumen sesuai dengan metode convergence-confi nement (NATM) dapat ditentukan.
  3. Setelah tambang bawah tanah beroperasi, pemantauan jangka panjang memastikan keamanan operasi galeri poros akses selama masa pakainya.

Dalam kasus lubang terbuka, saat penggalian berlangsung, stabilitas lereng dapat terpengaruh sehingga berpotensi menyebabkan kegagalan. Oleh karena itu perlu untuk mengamati secara dekat sifatnya dan memantau dari waktu ke waktu. Struktur bantu seperti penyumbatan tailing membutuhkan penilaian menyeluruh serta pemantauan dan kontrol terus menerus selama duduk, konstruksi dan operasi tambang untuk memastikan pencegahan bencana lingkungan. Pemantauan yang terencana dan diimplementasikan dengan baik adalah komponen penting dari keberhasilan konstruksi dan operasi tambang. Pemantauan ranjau tunduk pada banyak peraturan di banyak negara dan ini dipatuhi oleh standar administrasi yang ketat.

Kriteria Seleksi untuk Instrumentasi, Empat kriteria utama pemilihan instrumen panduan:

  1. Keandalan pengukuran yang diperoleh (akurasi, resolusi, presisi, dan pergeseran)
  2. Panjang umur instrumen didukung oleh banyak referensi
  3. Kemudahan otomatisasi pembacaan, penting untuk pengumpulan dan interpretasi data yang efisien
  4. Fitur dari beberapa instrumen seperti kekebalan mereka terhadap gangguan elektromagnetik dan
    teknologi yang secara intrinsik aman untuk aplikasi tambang batubara Instrumen pemantauan tambang Roctest Telemac merespons dengan tepat keempat kriteria ini. Pemantauan melibatkan banyak langkah termasuk inspeksi visual langsung atau jarak jauh serta pengukuran dan instrumentasi topografi. Ruang lingkup metode pemantauan yang digunakan tergantung pada risiko potensial yang terkait dengan karakteristik tambang dan lokasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 + 1 =