Tes PIT digunakan untuk mendapatkan contoh tidak terganggu (undisturbed sample) untuk pengujian di laboratorium. Selain itu juga digunakan untuk pengujian pembebanan secara berangsur angsur untuk dapat mensimulasikan suatu pondasi.

Test PIT merupakan pengujian tidak merusak dengan menggunakan uji gema sonic dan uji strain integritas rendah. Dengan menggunakan sensor accelerometer diatasnya dapat mempermudah pembacaan gelombang ketika diberika pukulan dengan hammer.

Sebelum melakukan pengujian, permukaan pondasi bore pile dihaluskan dengan menggunakan gerinda, permukaan yang dihaluskan agar tidak ada sisa-sisa material bekas cor yang menempel pada permukaan dan akan menggangu dari proses pengujian.

Data berupa tanggal pengeboran tanah dan tanggal pengecoran pondasi harus diberikan pada petugas penguji agar dapat memperhitungkan beban yang akan diberikan pada pondasi tersebut.

Setelah permukaan pondasi sudah halus dan rata, sensor dapat dipasangkan pada permukaan dan kemudian beban mulai dari 1,5 kg – 12 kg yang paling besar agar mengetahui pantulan gelombang pada ujung tiang bawah.

Beban 1,5 kg di pukulkan pada permukaan beton sebanyak tiga kali agar gelombang dapat terbaca pada alat atau layar monitor. Selanjutnya hasil pengujian dari beban 1,5 kg di simpan dan dilanjutkan dengan menggunakan beban yang lebih besar dengan menggunkan teknik yang sama.

Ketika pengujian telah selesai, data hasil pengujian dapat dicetak atau print untuk kemudian dilakukan analisa secara keseluruhan.