• February 10, 2012

CV. TIGA SISI – Pengujian CPT/sondir merupakan pengujian penetrasi yang bertujuan untuk mengetahui perlawanan penetrasi konus dan perlawanan geser tanah serta untuk mengetahui kedalaman lapiran tanah keras.

Tujuan sondir secara umum adalah untuk mengetahui kekuatan tanah tiap kedalaman dan stratifikasi tanah secara pendekatan. Pada percobaan ini tidak ada contoh tanah yang di ambil untuk uji labulaturium. Uji ini dilakukan untuk mengetahui elevasi lapisan “keras” (Hard Layer) dan homogenitas tanah dalam arah lateral.

Hasil Cone Penetration Test disajikan dalam bentuk diagram sondir yang mencatat nilai tahanan konus dan friksi selubung, kemudian digunakan untuk menghitung daya dukung pondasi yang diletakkan pada tanah tersebut. Penyondiran ini dilaksanakan hingga mencapai lapisan tanah keras dimana alat ini dilengkapi dengan Adhesion Jacket Cone type Bagemann yang dapat mengukur nilai perlawanan konus (cone resistence) dan hambatan lekat (lokal friction) secara langsung dilapangan.

Pembacaan manometer dilakukan setiap interval 2.00 m. dimana nilai perlawanan konus telah mencapai 250 kg/cm2 atau telah mencapai jumlah hambatan lekat 2.50 ton (kapasitas alat). Hasil penyondiran disajikan dalam bentuk diagram sondir yang memperlihatkan hubungan antara kedalaman sondir dibawah muka tanah dan besarnya nilai perlawanan konus (qc) serta jumlah hambatan pelekat (tf)

Maksud dan tujuan
Pengujian ini dimaksudkan untuk mengetahui perlawanan penetrasi konus dan perlawanan geser tanah. Serta untuk mengetahui kedalaman lapisan tanah keras dan sifat daya dukung maupun daya lekat setiap kedalaman.

Perlawanan penetrasi konus adalah perlawanan tanah terhadap ujung konus (perlawanan dari bawah) dengan satuan gaya persatuan luas.

Perlawanan geser tanah adalah perlawanan geser tanah terhadap selubung bikonus (perlawanan dari samping) dengan satuan gaya persatuan panjang.